Sunday, 8 June 2014

Aesthetic and minimalist design -www.beligajet.com



Aesthetic and minimalist design Menurut Nelsen
Dialogues should not contain information which is irrelevant or rarely needed. Every extra unit of information in a dialogue competes with the relevant units of information and diminishes their relative visibility.
Pola desain yang minimalis juga dapat dilihat dari penggunaan white space yang minimum. White space merupakan area kosong yang tidak terdapat menu, button, ataupun action lainya, biasanya hanya berupa areal putih biasa saja. Penggunaan white space yang tepat dapat memperindah desain dari suatu website, akan tetapi jika penggunaan white space terlalu banyak maka desain dari website tersebut menjadi kurang menarik. 

Dalam website www.beligajet.com bahwa banyak sekali kesalahan dalam aspek ini. Seperti halnya pada tab “testimoni” yang menurut saya kurang rapi , tidak ada batasan atau sekat antara satu testimoni dengan testimoni yang lainnya. Selain itu hal serupa terdapat pada tab “resi” bahwa tidak ada sekat antar tanggal , ukuran font tanggal dengan resi sama sehingga seolah-olah menjadi satu . seharusnya diberikan pemisah antar tanggal dan ukuran tanggal dan ressi dibedakan . terlepas dari tab , pada bagian kategori harusnya dibeikan tab baru dan diberi drop down list , jika user melihat daftar kategori maka user harus menscrool sampai kebawah , dan pada bagian body terlihat bagian putih yang kosong dan membuat tampilan tidak profesional .


Ukuran header yang terlalu besar dan bagian slide foto yang juga besar mengapit tab menu yang kecil memberikan kesan bahwa dalam website tersebut tidak memiliki menu tab.


Warna background yang menyatu dengan warna latar membuat tampilan menjadi luas , namun content sedikit memberikan kesan boros dan membingungkan user.

Fasilitas share ke media sosial  dengan icon Facebook dan Twitter sehrusnya dihilangkan saja , karena pada pada icon sebelah kiri icon email terdapat fasilitas share ke banyak sosial media, alangkah lebih baik jika icon twitter dan facebook dihilangkan saja suapaya tidak ganda.


Pada bagian footer, terdapat tulisan “info:” dan dibawahnya terdapat link. Sebaiknya tampilan link dibuat mendatar saja sehingga tidak membuat boros space footer . atau lebih baik lagi dihilangkan , karena link tersebut akan membawa user ke halaman yang terdapat di tab dekat header,hal tersebut membuat ganda , padahal sudah ada di bagian atas menu-menu tersebut .

Rekomendasi:
  • gunakan drop list pada list kategori produk sehingga tidak panjang dan user tidak harus menscrool terlalu jauh . 
  •  sebaiknya hapus icon facebook dan twitter, sudah ada icon untuk share ke berbagai sosial media yang lebih lengkap.
  • warna background harus dibedakan dnegan latar karena memberikan keasna luas dan boros karena isi website sangat sedikit.
  • ukuran menu dibawah header seharusnya dibuat lebih besar , header diperkecil dan diberikan jarak anatar menu dengan slide show foto .
  •  Sebaiknya tampilan link dibuat mendatar saja sehingga tidak membuat boros space footer . atau lebih baik lagi dihilangkan , karena link tersebut akan membawa user ke halaman yang terdapat di tab dekat header,hal tersebut membuat ganda , padahal sudah ada di bagian atas menu-menu tersebut .
  • sebaiknya dibuat menu baru disamping menu "home" , buatlah manu "produk" dan buatlah pengelompokan seperti contoh yang saya ambil dari www.jakartanotebook.com.
 
 
 Saverity Ratings:1

No comments:

Post a Comment