Saturday, 7 June 2014

control and freedom-www.beligajet.com


Karakteristik pengguna biasanya ingin menguasi atau mendapat kontrol penuh dari sebuah sistem atau website yang dia akses. Pada tahap ini akan dilihat bagaimana pengguna dapat kembali ke suatu kondisi setelah mereka mengakses ke sebuah menu atau kondisi lainya. Sederhananya, jika user melakuka order dan tiba-tiba user ingin membatalkannya , aakah ada fasilitas untuk membatalkannya atau tidak . dan misalnya user melakukan order 1 qty namun kemudian user ingin merubahnya menjadi 2qty , apakah ada fiktur untuk mengeditnya atau tidak.

Aspek yang selanjutnya yaitu user control and freedom
Users often choose system functions by mistake and will need a clearly marked “emergency exit” to leave the unwanted state without having to go through an extended dialogue. Support undo and redo.( JAKOB NIELSEN, 1995)

Pada website http://www.beligajet.com   tidak banyak bagian-bagian yang dapat di eksplorasi oleh user, karena website ini hanya memberikan informasi produk yang diperjualkan, testimoni, cara pemesanan dan penampilan resi. Pada website www.beligajet.com  user dapat kembali ka halaman utama dengan mudah, dengan mengklik tab “home” ataupun dengan mengklik headernya.

Ketika user melakukan search produk , meskipun user melakukan kesalahan maka sistem akan memproses dan menampilkan hasil tidak ditemukan, sehingga di website ini user bebas untuk mencari apapun dan hanya data yang sesuai yang dapat ditampilkan
 


------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Bagian testimoni , user diberikan keleluasaan untuk memberikan testimoni dan menginput ID/akun tanpa ada aturan tertentu. Namun menurut saya ini bukan yang dinamakan keleluasaan , karena meskipun user leluasa mengisi apapun yang diinginkan , namun mubajir adanya fiktur untuk mengisi testimoni jika data yang di input user tidak sesuai(sembarangan). Seperti pada screenshot dibawah ini:


Rekomendasi:
  • Sebaiknya jangan menggunakan google docs untuk melakukan input testimoni , karena saya amati bahwa pada saat input testimoni tidak ada fasilitas untuk upload foto. sedangkan setelah dilihat pada halaman testimoni terdapat foto . hal tersebut akan membuat ambigu dan membuat user bingung mengenai kepercayaan terhadapat produk yang diperjualkannya, (kasarnya penipuan atau tidak) . lebih baik ditambahakannya fiktur seperti comment dan adanya upload picture. agar pengembang tidak susah payah untuk mengupload foto yang dikirim oleh buyer baik melalui jejaring sosial ataupun sebagainya . sehingga pengembang tinggal memilah mana yang akan ditayangkan dan mana yang tidak ditayangkan.


= Major usability problem: important to fix, so should be given high priority


No comments:

Post a Comment