Saturday 7 June 2014

Match between system and the real world -www.beligajet.com




Setelah melakukan analisis terhadapa situs www.beligajet.com mengenai Visibility of system status, sekarang saya akan mengkaji Match between system and the real world.
The system should speak the users’ language, with words, phrases and concepts familiar to the user, rather than system-oriented terms. Follow real-world conventions, making information appear in a natural and logical order.( JAKOB NIELSEN, 1995)
Pada tahapan ini, sebuah sistem harus menggunakan bahasa yang akrab dengan usernya, sehingga user mudah mengerti. Selain itu, pada bagian ini membahas tentang kesesuaian dengan dunia nyata seperti penggunaan angka decimal yang tepat, pemilihan icon yang sesuai, dan sebagainya.

Pada situs www.beligajet.com saya rasa sudah baik , hampir seluruh halaman website menggunakan bahasa indonesia , meskipun ada beberapa bahasa asing yang disiispakn di beberapa halaman. Namun hal ini tidak menjadi masalah yang besar bagi user karena bahasa asing yang digunakan adalah bahasa yang familiar dalam kehidupan sehari-hari, misalnya penggunaan kata “Home” untuk menunjukan halaman utama .



Contoh lain yaitu penyisipan kata “order” untuk menunjukan pemesanan , namu penggunaan kata “order” pada website ini saya rasa kurang cocok  karena jika user mengklik “order” maka user akan dibawa ke halaman “cara pemesanan” . Pada umumnya kata “order” digunakan untuk melakukan pemilihan barang dan memasukannya ke dalam keranjang belanja yang kemudian dihitung harga dan
akan ditampilkan rincian harga.

 Rekomendasi dari saya:
  • Sebaiknya menggunakan satu bahasa saja , meskipun penggunaan dua bahasa diperbolehkan asalkan secondary language tersebut merupakan bahasa yang familiar dikalangan user baik user yang expert maupun user yang masih dalam tahapan newbie.
  • Penggunaan kata order seharusnya dihilangkan , karena setelah saya eksplorasi website ini hanyalah website mengenai info produk yang diperjualkannya , bukan website untuk melakukan pemesanan secara online , bisa saja kata order diganti dengan kata "view" 

Saverity Ratings: 2

No comments:

Post a Comment