Saturday, 7 June 2014

Visibility of system status-www.beligajet.com



Dalam visibility of system status ini lebih ditekankan kepada dua hal yaitu:
  •  Where am i? atau dimana user saat ini sedang berada.
  •  Where can i go next? atau kemana user bisa pergi dari suatu kondisi atau state
The system should always keep users informed about what is going on, through appropriate feedback within reasonable time.( JAKOB NIELSEN, 1995)

Dalam website www.beligajet.com, kasus yang terdapat pada website ini yaitu apabila kita memilih tab “Nomor Resi”, kita akan diantarkan pada halaman “Nomor Resi” tetapi tidak ada informasi bahwa kita sedang ada di tab tersebut. Setelah user memilih tab tersebut, tidak ada perubahan yang terjadi pada tab “Nomor Resi”, baik perbahan pada bentuk, ukuran serta warnanya. Hal ini juga sama pada tab lain yang tidak ada perubahan apapun ketika kita memilih suatu tab. seperti pada gambar dibawah ini :


Seharusnya, ketika kita berada pada tab tertentu user mengetahui posisi dimana user sedang berada pada saat itu. Untuk memberi tahu user dimana mereka sedang berada bisa dengan memberikan pembeda anatar tab yang sedang kita pilih dengan tab yang tidak sedang kita pilih . pembeda tersebut seperti warna, ukuran, dan bentuk dari tab lebih mencolok dari tab lainya. Seperti contoh yang saya ambil dari website www.tukanggiftcard.com:



Selain masalah tab diatas, pada website ini terdapat beberapa masalah. Meskipun fiktur Breadcrumb disisipkan di wbsite tersebut, namun pada saat mencari produk dan saat memilih produk tersebut kemudian mengklik tombol “order” ternyata user akan dibawa ke halaman “cara pemesana” yang mana user harus melakukan order degan mengirimkan Pesan singkat (SMS) dengan format tertentu misalnya nama barang . ketika user dibawa ke halaman “cara pemesanan”, fiktur Breadcrumb pun hilang dan  tidak ada status bahwa user sedang melakukan pemesanan barang tertentu. Sehingga untuk melakukan SMS dan mengisi format user sudah dibuat sulit untuk kembali ke halaman sebelumnya untuk mengetahui nama barang yang sedang dipesannya.



Rekomendasi:
  • seharusnya diberikan pembeda di bagian tab , dimana user sedang berada , pembeda tersebut bisa berupa bentuk yang menonjol, warna atau ukuran font . namun jika pengembang tetap ingin menggunakan style menu seperti itu , lebih baik gunakan pembeda dengan bentuk yang lebih menonjol. seperti contoh yang saya berikan dari website www.tukanggiftcard.com.
  • Sebaiknya sistem otomatis mencantumkan nama barang yang telah user pilih di halaman direct "order" , sehingga meminimalisir user untuk membuka kembali halaman sebelumnya . lebih baik lagi jika sistem dirubah dengan adanya informasi produk yang telah user pilih di halaman "order" . 
  • lebih baik cara pemesanan melalui e-mail saja , jangan melalui pesan singkat . bisa saja user melakukan order melalui website karena keterbatasan pulsa yang dimiliki user . sehingga lebih efektif jika setelah user memilih produk yang dipilih , sistem akan membawa user ke halaman order dimana dihalaman tersebut dicantumkan nama barang yang telah dipilih , selanjutnya user tinggal memasukan e-mail miliknya agar bisa ditindak lanjuti oleh pemilik website .


Rating scale can be used to rate the severity of usability problems:
=Usability catastrophe: imperative to fix this before product can be released





1 comment:

  1. pengamatan yang baik sekali saudara aji.
    dalam menjelajah suatu situs sangat penting bagi kita untuk mengetahui kita berada. hal ini bertujuan agar pengguna tidak kebingungan.

    ReplyDelete